artikel kesehatan

Hubungan Ilmu Kesehatan Mental Dan Disiplin-Disiplin Lain
Di antara banyak bidang studi atau disiplin yang berkaitan erat dengan ilmu kesehatan mental adalah genetika, sosiologi, antropologi, psikiatri dan neurologi, psikologi, psikoanalisis, ilmu kedokteran psikosomatik (suatu cabang baru dari dari ilmu kedokteran), dan klinik psikiatri. Di bawah ini akan diuraikan sedikit disiplin-disiplin tersebut dalam hubungannya dengan kesehatan mental.
Faktor-faktor Penyebab Alergi & Asma pada Balita
Gejala alergi jarang menimbulkan kematian. Namun, tetap saja perlu diwaspadai. Soalnya, sebagai contoh, serangan asma yang berat ditambah reaksi terhadap obat yang diminum anak-anak akan menimbulkan shock (pingsan). Jika tidak segera ditolong, serangan ini akan menyebabkan kematian. Berikut ini beberapa faktor penyebab alergi yang harus diwaspadai.
Replikasi DNA
DNA mempunyai kemampuan untuk mengadakan replikasi yaitu memperbanyak atau menggandakan diri. Dengan kata lain, DNA mampu membentuk DNA baru yang sama persis dengan DNA awal. Replikasi DNA berlangsung pada sel-sel muda saat interfase (mitosis), yaitu saat sel siap melakukan pembelahan.Replikasi DNA adalah suatu proses menurunkan sifat genetik sehingga suatu jasad hidup tetap menurunkan jenisnya. Sapi tetap menurunkan sapi, kelinci tetap menurunkan kelinci, dan manusia tetap menurunkan manusia. Replikasi DNA bukan merupakan proses yang sederhana, melainkan proses yang kompleks.
Renjatan Kardiogenik
Renjatan (syok) kardiogenik terjadi jika kerja pompa atau jantung menjadi tidak efisien sehingga curah jantung menurun dan perfusi jaringan tidak memadai. Angka mortalitasnya tinggi, yaitu dapat mencapai 70-90% jika tidak dilakukan intervensi yang agresif dan sangat spesialistik. Renjatan kardiogenik yang klasik berhubungan dengan disfungsi sistolik atau ketidakmampuan jantung untuk memompa darah. Akibatnya, adalah penurunan volume sekuncup dan selanjutnya curah jantung akan berkurang.
Fisiologi resusitasi cairan
Resusitasi cairan sangat memperkuat terbentuknya edema pada jaringan, baik yang mengalami luka bakar ataupun tidak. Edema ini tidaklah akan selalu berakibat buruk; jika pulih tidak akan meninggalkan kerusakan permanen. Cairan yang keluar dan ruangan intravaskular sangat menyerupai plasma, baik dalam hal kandungan proteinnya maupun elektrolit.

Konsep pelayanan antenatal menurut Ela Joy Lehrman
Lehrman mengemukakan 8 konsep yang penting dalam pelayanan antenatal, yaitu:
1. Asuhan yang berkesinambungan
2. Keluarga sebagai pusat asuhan
3. Pendidikan dan konseling merupakan bagian dari asuhan
4. Tidak ada intervensi dalam asuhan
5. Fleksibitas dalam asuhan
6. Keterlibatan dalam asuhan
7. Advokasi dari klien
8. Waktu
Hubungan Asbes dan mesothelioma
October 22nd, 2010 No Comments
Pengaruhnya pada kesehatan tergantung pada ukuran seratnya (panjang < 5/1000 mm, diameter < 3/1000 mm). Asbes dapat menyebabkan penyakit paru-paru kronis (asbestose), kanker paru-paru, dan mesothelioma (tumor selaput dada dan perut). Jangka waktu antara kontak asbes sampai penyakit muncul adalah antara 20 — 40 tahun. Makin muda orang, makin lama pembebanan asbes dan makin tinggi konsentrasinya sehingga makin tinggi pula resiko terhadap terjadinya penyakit tersebut.
Endokarditis infektif
October 22nd, 2010 No Comments
Endokarditis infektif, infeksi pada katup-katup jantung, biasanya oleh bakteri. Merupakan keadaan yang serius tapi sering dapat dicegah. Katup-katup yang terlibat biasanya sudah tidak normal sebelum infeksi. Klinis dikenal tiga tipe.
Farmakokinetik dan Farmakodinamik obat Acne Vulgaris
October 19th, 2010 No Comments
Acne vulgaris adalah pembentukan papula, nodal, dan kista pada muka, leher, bahu, dan punggung akibat sumbatan keratin pada dasar dari kelenjar minyak (pilosebaseus) di dekat folikel rambut. Sembilan puluh persen dari penderita adalah mereka dalam usia menjelang dewasa. Bertambahnya produksi androgen yang terjadi selama pubertas meningkatkan produksi sebum, suatu pelumas kulit. Sebum bergabung dongan keratin dan membentuk sumbatan.
Ramuan Herbal Taklukkan Acne Vulgaris
October 15th, 2010 No Comments
Gangguan kulit ini lebih wring menyerang remaja atau pada masa pubertas dan orang yang mempunyai kulit berminyak. Jerawat timbul karena adanya sekresi kelenjar yang disebut sebum yang menyumbat pori-pori kulit. Haltersebut menyebabkan minyak tidak dapat keluar dan menggumpal di bawah kulit sehingga terjadi pembengkakan seperti kista-kista kecil. Jika parah dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: